Anda Lansia? Lakukan 4 Olahraga Ini Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar

Anda Lansia? Lakukan 4 Olahraga Ini Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar

Setiap orang yang diberikan kesempatan untuk memiliki umur panjang akan mengalami masa lansia. Sebuah masa dimana seseorang akan menjadi sedikit rapuh hingga kemudian memiliki potensi yang besar untuk terjangkit berbagai penyakit. Akan tetapi, hal tersebut bisa diantisipasi sejak dini dengan melakukan berbagai gerakan olahraga untuk lansia yang pastinya memiliki intensitas berbeda dari jenis olahraga pada umumnya.

Kegiatan olahraga untuk para lansia nantinya akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa. Selain meningkatkan kebugaran serta kesehatan, olahraga di usia senja ini akan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Oleh sebab itu, sebagai seorang lansia pastikan untuk selalu melakukan olahraga secara rutin setiap saat. Setidaknya, Anda menyisakan waktu 30 menit setiap hari untuk kegiatan olah fisik tersebut demi kualitas hidup yang jauh lebih baik di masa senja. 

Rekomendasi Olahraga untuk Lansia yang Bisa Dilakukan

Jika Anda berniat untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat di usia yang tidak lagi muda, pastikan melakukan berbagai olahraga untuk lansia dan mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan tanpa mengakibatkan cedera yang berlebih, berikut ini beberapa yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi dan dilakukan setiap waktu dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu.

  1. Jalan kaki

Salah satu olahraga untuk lansia yang direkomendasikan adalah jalan kaki. Sebuah olahraga yang bisa dibilang sangat sederhana dan murah ini sangat bagus untuk para lansia. Merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Australian Physical Activity and Sedentary Behavior Guidelines bahwasanya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari akan membantu untuk menurunkan resiko gangguan kesehatan jantung hingga 40%. 

Kegiatan ini bisa dibilang cukup berat bagi para lansia yang mengalami permasalahan pada kaki.

  1. Berjalan cepat

Dengan tetap mengandalkan pergerakan tubuh melalui aktivitas berjalan, kini para lansia yang tidak memiliki permasalahan pada kaki disarankan untuk melakukan olahraga untuk lansia berupa jalan cepat. Jenis olahraga ini dipercaya sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung. 

Selain itu, olahraga ini juga sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh. Disebutkan bahwa olahraga yang satu ini memiliki resiko cedera sangat kecil dibandingkan dengan para lansia yang harus melakukan kegiatan jogging setiap harinya. 

  1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga untuk lansia yang telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Aktivitas yoga sangat cocok dilakukan oleh para lansia khususnya bagi mereka yang mengalami masalah lambung hingga persendian. Dengan melakukan yoga, nantinya persendian pada tubuh akan sangat mudah untuk digerakkan. 

Menurut Jessica Matthews yang merupakan professor olahraga di Universitas Miramar mengungkapkan jika olahraga ini bisa dilakukan oleh semua para lansia sekalipun mereka memiliki keterbatasan harus berada di kursi roda.

  1. Berenang

Jenis olahraga yang satu ini memang membutuhkan fisik kuat dan sehat. Namun demikian, bagi para lansia, berenang akan sangat menyenangkan dan pastinya bisa membantu dalam menurunkan resiko masalah jantung serta sendi. 

Ketika olahraga ini dilakukan dengan rutin, maka seorang lansia akan memiliki daya tahan yang kuat, kondisi jantung yang sehat serta mampu menstabilkan tekanan darah sehingga organ paru-paru akan bekerja dengan baik untuk mendukung proses pernapasan yang semakin membaik.

Dibaca juga : How to Beat the Dealer

Selain beberapa olahraga untuk lansia tersebut di atas, para lansia juga bisa melakukan olahraga lain seperti senam. Dengan diiringi oleh musik favorit di masanya, pastinya para lansia akan semakin semangat untuk mengikuti setiap gerakan. 

Dengan melakukan berbagai gerakan fisik tersebut, nantinya seorang yang telah mencapai usia di atas 55 tahun akan memiliki badan bugar dan sehat sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas apapun tanpa adanya hambatan.

You may also like