Beberapa Metode Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Bebarapa Metode Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Cepat

Rambut adalah mahkota bagi siapa saja, terutama kaum hawa yang selalu mendambakan rambut sehat terawat. Akan tetapi, memiliki rambut yang sehat tidaklah mudah karena beberapa orang harus melakukan perawatan dengan harga mahal. Rambut rontok merupakan masalah yang banyak dialami siapa saja.

Permasalahan rambut rontok untuk mengatasinya diperlukan terapi ke salon kecantikan. Dengan begitu, biaya mahal tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan mengatasi rambut rontok yang dialami. Namun, bila bersedia sedikit saja meluangkan waktu ternyata banyak cara untuk mengatasi problem ini lho!

Langkah-langkah Mengatasi Rambut Rontok

Mengatasi rambut rontok bisa dilakukan dengan beberapa metode alami yang sudah terbukti berhasil. Beberapa langkah berikut ini adalah cara alami untuk bisa mengatasi rambut rontok. Simak ya!

  • Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah menjadi bahan yang umum digunakan dalam mengatasi kerontokan rambut. Tanaman yang satu ini memiliki kandungan aloe vera dan nutrisi penting untuk akar rambut semakin kuat. Cara pemakaiannya pun cukup mudah karena hanya perlu mengoleskan gelnya ke bagian kulit kepala.

Menggunakan lidah buaya untuk menguatkan rambut sudah menjadi metode turun menurun yang digunakan para nenek moyang. Hasilnya pun tidak hanya membuat kuat setiap helai rambut tetapi sekaligus membuat warna rambut tampak lebih hitam alami.

  • Menggunakan Minyak Kemiri

Selain lidah buaya, banyak orang yang menggunakan kemiri sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Kemiri diambil sari minyaknya yang nanti akan berwarna hitam legam. Sedikit saja minyak kemiri sudah cukup untuk dioleskan secara menyeluruh ke kulit kepala.

Untuk mendapatkan minyak kemiri, sekarang sudah banyak dijual bebas. Namun, bila ingin membuatnya sendiri, langkahnya juga cukup mudah. Sangrai kemiri hingga menghitam, kemudian tumbuk halus sambil peras minyaknya. Untuk tujuh butir kemiri sangria akan menghasilkan minyak sekitar satu setengah sendok makan.

  • Terapi Masker Alpukat

Alpukat kaya akan protein dalam kadar yang tinggi. Buah alpukat senantiasa dimanfaatkan untuk banyak perawatan kecantikan, termasuk untuk mengatasi kerontokan rambut. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang bisa digunakan sebagai perangsang pertumbuhan rambut secara alami. Jadi, sangat tepat bila dimanfaatkan sebagai metode terapi.

Masker alpukat bisa dibuat dengan cara mencampurkan daging buah alpukat yang sudah matang dengan madu secukupnya. Oleskan secara menyeluruh ke bagian kulit kepala dan rambut serta pijat perlahan. Diamkan masker selama satu jam kemudian bilas dengan air bersih. Untuk pemakaian secara rutin, rambut akan semakin kuat dan lebih tebal.

  • Memakai Jeruk Nipis

Manfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi rambut rontok. Pasalnya, jeruk nipis diperkaya kandungan vitamin C serta antioksidan yang bisa merawat akar rambut. Akan tetapi, metode mengatasi kerontokan dengan jeruk nipis ini tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Jika berlebihan, maka justru rambut akan menunjukkan indikasi kerapuhan.

Usapkan bagian dalam jeruk nipis yang telah dibelah ke kulit kepala. Atau, bila ingin praktis langsung ambil perasa air jeruk nipis kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat selama 15 menit. Setelahnya, bilas menggunakan air sampai bersih. Perawatan secara rutin setiap satu minggu sekali akan segera menunjukkan hasil.

  • Teh Hijau Untuk Perkuat Akar Rambut

Teh Hijau adalah bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut yang terjadi secara berlebihan. Selain kaya antioksidan, teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah rambut dari kerapuhan. Rambut yang diterapi menggunakan air rebusan teh hijau akan tampak lebih hitam dan alami.

Cara memanfaatkan teh hijau untuk rambut rontok adalah dengan merebus sekitar tiga kantong dalam 300ml air. Setelah matang, gunakan air rebusan tersebut saat sudah hangat untuk dioleskan ke kulit kepala atau sebagian rambut. Biarkan beberapa saat kemudian bilas menggunakan air bersih.

  • Yoghurt dan Manfaatnya

Tidak hanya penting untuk kesehatan pencernaan, ternyata yoghurt juga bisa menjadi bahan alami untuk kecantikan. Bila ingin mengatasi rambut rontok secara cepat, bisa juga dengan memakai yoghurt sebagai masker pokerace. Catatannya, yoghurt yang digunakan harus tanpa tambahan gula maupun rasa ya!

Langsung saja oleskan Yoghurt ke kulit kepala dan sebagian rambut. Kemudian lakukan pemijatan perlahan untuk kandungan protein serta vitamin meresap sempurna ke kulit kepala. Rutin menggunakan masker yoghurt setiap minggu bisa membantu menutrisi rambut dan membuatnya lebih kuat.

Itulah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk bisa melakukan perawatan salon, karena semua bahan diatas mudah didapatkan. Hanya saja, butuh waktu luang untuk melakukan perawatan alami di rumah.

Melakukan perawatan alami di rumah secara rutin akan lebih menampakkan hasil maksimal untuk rambut. Setelah kondisi rambut mengalami perubahan, pastikan untuk tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan akar rambut agar tetap kuat dari makanan, kebiasaan, hingga konsumsi vitamin tambahan.

You may also like