Menakjubkan! Ini Dia 4 Partai Politik Terbesar Di Dunia Dengan Jutaan Anggota

Menakjubkan! Ini Dia 4 Partai Politik Terbesar Di Dunia Dengan Jutaan Anggota

Jika di Indonesia ada Gerindra, Golkar, PDI hingga PKB yang memiliki jumlah anggota cukup banyak, siapa sangka jika ternyata masih ada beberapa partai politik terbesar di dunia yang anggotanya mencapai jutaan orang. Disebutkan bahwa keberadaan anggota partai yang sangat banyak tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi pemimpin partai dan wakil-wakilnya untuk bisa terpilih dalam suatu pemilihan umum, baik itu pemilihan presiden ataupun gubernur.

Namun, untuk menjadi partai politik terbesar di dunia tidaklah mudah karena membangkitkan kepercayaan masyarakat untuk memberikan dukungan selalu diikuti dengan realisasi atas apa yang dijanjikan ketika melakukan suatu orasi. 

Beruntung beberapa partai tersebut mampu mewujudkan janji tersebut hingga pada akhirnya berjuta kepercayaan dari berbagai lapisan masyarakat didapatkan dengan mudah dan kini partai tersebut tumbuh besar dengan jumlah pendukung yang semakin banyak layaknya jamur di musim hujan.

Deretan Partai Politik Terbesar Di Dunia

Mengingat peran dari partai politik yang sama sekali tidak bisa terlepas dari perkembangan sebuah negara, tidak mengherankan jika setiap negara memiliki beberapa partai politik dengan anggota yang jumlahnya berbeda-beda. Selanjutnya, eksistensi partai politik tersebut juga dipengaruhi oleh jumlah pendukung yang ada. Sebagai gambaran umum, berikut beberapa partai politik terbesar di dunia yang memiliki jutaan pengikut.

  1. Partai Demokrat

Di Indonesia Pun, nama partai Demokrat juga tidak asing lagi mengingat partai ini telah berhasil membawa perwakilannya yaitu Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi sosok presiden selama 2 periode. Namun, tahukah Anda jika di Amerika Serikat, partai ini dianggap sebagai partai politik terbesar di dunia karena jumlah pengikutnya yang sangat besar. Selain dianggap sebagai partai terbesar, democrat juga merupakan partai tertua yang memiliki anggota seperti Hillary Clinton serta Donald Trump. Disebutkan jumlah anggota partai ini sebanyak 41.341.965 orang di tahun 2016.

  1. Partai Tehreek-e-Insaf

Selain di Amerika, di Pakistan juga terdapat partai politik terbesar di dunia yang dikenal dengan sebutan Partai Tehreek-e-Insaf yang berdiri pada 1996. Partai yang dipunggawai oleh Imran Khan yang merupakan mantan pemain kriket. Di tahun 2013 silam, partai ini juga dinobatkan sebagai partai terbesar di dunia dengan anggotanya mencapai angka 10 juta jiwa yang tersebar di seluruh dunia. Selanjutnya, dalam pemilihan umum tahun 2013, partai ini berhasil dalam mendapatkan suara sebanyak 7.5 juta.

  1. Partai SosialisĀ 

Tidak hanya di Amerika dan Pakistan, di Perancis juga ada partai politik terbesar di dunia yang populer dikenal sebagai Partai Sosialis. Dikabarkan bahwa partai ini telah berhasil dalam menarik setidaknya 70.000 anggota sehingga dalam sebuah pemilihan umum, partai ini berhasil mendapatkan suara sebanyak 40%. Dengan fakta tersebut, tidak mengherankan jika partai ini kemudian dikenal sebagai partai terbesar di Prancis.

  1. Partai KomunisĀ 

Salah satu partai politik terbesar di dunia di Tiongkok yaitu Partai Komunis. Jika di Indonesia aliran Komunis sangatlah ditentang oleh pemerintahan, akan tetapi hal ini sangatlah berbeda dengan negara Tiongkok yang ternyata memiliki partai tersebut dengan anggota yang mencapai 88 juta orang di tahun 2016. Dengan jumlahnya yang sangat besar, siapa sangka jika partai ini juga berhasil dalam menguasai setidaknya 70% kursi parlemen.

Dibaca juga : How to Have Fun With Online Bingo

Selain beberapa partai politik terbesar di dunia tersebut di atas, ada juga partai Bharatiya Janata yang merupakan partai politik terbesar dari India. Disebutkan bahwa keberadaan partai-partai tersebut telah memberikan sumbangsih dalam pembangunan negara untuk tetap eksis di dunia. Tanpa hadirnya partai politik, maka sebuah negara tidak ada yang memimpin karena semua wakil rakyat baik itu, DPR, MPR hingga presiden semua berangkat dari partai politik yang dipilih oleh rakyat.

You may also like