Tidak Banyak Yang Menyangka, Praktik Pengobatan Kuno Ini Mendapat Dukungan Sains

praktik pengobatan kuno ini ternyata didukung oleh sains

Selama ini sains hanya mengagung-agungkan pengobatan medis yang telah melalui serangkaian hipotesis dan juga penelitian untuk membuktikan kebenarannya. Bahkan, dunia hanya mempercayai berbagai hal yang memang dilakukan melalui pendekatan empiris untuk kemudian dijadikan sebagai pedoman. Namun demikian, siapa sangka jika kini ada pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains. Bagi para tabib, kabar yang demikian ini cukup melegakan.

Tidak dipungkiri lagi bahwa setidaknya ada beribu cara pengobatan kuno yang telah dipraktekkan oleh banyak tabib di dunia sejak dahulu. Menanggapi hal tersebut, tidak mengherankan jika kemudian banyak ilmuwan barat yang berusaha membongkar fakta yang ada di baliknya. Dari sekian banyak praktik yang dilakukan di zaman kuno, siapa sangka ada beberapa pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains yang kemudian menjadi viral.

Inilah Deretan Pengobatan Non-Medis Mendapat Pengakuan Sains

Mengenai pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains, disebutkan bahwa ada beberapa jenis pengobatan yang memang telah lama dilakukan oleh manusia. Lebih lanjut, berikut beberapa pengobatan non-medis yang di maksud di atas.

Untuk dijadikan sebagai perhatian, janganlah sesekali meremehkan praktik pengobatan tersebut sekalipun dampak yang dirasakan membutuhkan waktu lama, namun hal ini sangat membantu orang yang bersangkutan.

  • Pengobatan akupuntur

Salah satu teknik pengobatan non-medis yang sudah diterapkan oleh masyarakat dan ahli kesehatan non-medis adalah pengobatan akupuntur. Teknik pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains yang satu ini dilakukan dengan menempelkan jarum pada titik tertentu pada bagian tubuh tertentu. Praktik pengobatan yang demikian ini telah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun atau sekitar 100 yang lalu dan masih eksis sampai sekarang.

Sekalipun dalam praktiknya akupuntur ini sempat mendapatkan pertentangan dari dunia barat, namun lambat laun pengobatan ini mulai diterima oleh medis. Disampaikan oleh British National Health Service bahwa tindakan akupuntur akan membantu dalam memproduksi endophrine yang nantinya berperan dalam meminimalisir rasa sakit yang berlebih. Dalam hal ini pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains ini mulai dipercaya banyak pihak.

Kaitannya dengan pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains ini juga disebutkan bahwa setidaknya ada 3000 uji klinis yang kemudian membuktikan jika teknik ini telah berhasil dalam mengobati berbagai macam penyakit. Menariknya lagi, kini akupuntur telah berhasil mengatasi permasalahan obesitas yang sebelumnya teknik ini diterapkan pada hewan peliharaan yaitu anjing dan kucing.

  • Pengobatan meditasi

Dalam dunia timur, meditasi dianggap sebagai pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains yang dalam hal ini sebelumnya sempat diabaikan. Selang beberapa tahun lamanya, kemudian meditasi dianggap memiliki keterkaitan yang begitu erat dengan ilmu syaraf. Bahkan, meditasi juga dianggap sangat ampuh dalam meningkatkan kesabaran, kebahagiaan dan juga kepercayaan diri seseorang. Selain itu, teknik pengobatan ini juga membantu dalam menghilangkan depresi dan juga kegelisahan.

Mengenai meditasi dianggap sebagai pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains, disebutkan bahwa beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa professor Farmakologi, Anestesiologi, menghasilkan bahwa meditasi melibatkan tindakan pengulangan mantra.

Dari tindakan inilah kemudian akan membantu dalam mengatasi permasalahan kecemasan, agresif dan depresi. Bahkan, meditasi dianggap sebagai anti stress karena mampu menurunkan kadar kortisol plasma. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan jika meditasi bisa menurunkan masalah Alzheimer dan autisme.

  • Pengobatan Tai Chi

Dianggap sebagai pengobatan kuno yang telah terkenal di dunia Barat, Tai Chi merupakan salah satu olahraga senam yang asal mulanya dari China. Dalam praktiknya, olahraga ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dalam hidup dan meningkatkan kesehatan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Dalam praktiknya, pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains yang satu ini memiliki manfaat dari sisi kebugaran bagi para lansia.

Disebutkan bahwa tahun 2016 silam, bahwa pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains ini mampu mengatasi permasalahan mental yang dialami oleh beberapa orang termasuk para lansia. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, seseorang yang kerap kali melakukan Tai Chi selama 16 minggu mampu mengatasi gangguan mental.

Read “Menu penting

  • Pengobatan hypnosis

Tindakan hypnosis dan juga hypnoterapi merupakan salah satu pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains yang telah berhasil dalam mengatasi permasalahan merokok, fobia hingga mengatasi permasalahan obesitas. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak peneliti hingga kemudian para ilmuwan pun mengakui hal tersebut setelah melakukan banyak sekali uji coba.

Sebagai contoh, pada tahun 2007 silam, bahwa penelitian yang berkaitan dengan pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains ini dilakukan oleh Mount Sinai School of Medicine. Dalam praktiknya, dikatakan bahwa tindakan hypnosis yang dilakukan oleh para penderita kanker payudara sangat ampuh dalam menurunkan jumlah anastesi yang diberikan ketika proses operasi berakhir. Dengan kata lain, penderita kanker payudara akan terhindar dari masalah ketidaknyamanan, mual, rasa sakit hingga kelelahan.

Sebuah penelitian serupa yang dilakukan oleh Stanford University yang melibatkan pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains ini melakukan pemindaian pada 57 otak manusia yang sebelumnya menerapkan prosedur hypnosis demi mengurangi masalah nyeri, kecemasan hingga trauma. Dalam penelitian tersebut dihasilkan adanya perbedaan perubahan syaraf menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian, maka pengobatan hypnosis ini sangat cocok untuk diterapkan oleh siapapun juga dengan gangguan kesehatan di atas.

Selain beberapa pengobatan non-medis mendapat pengakuan sains yang tersebut di atas, ada juga pengobatan serupa lainnya yang dalam hal ini adalah terapi musik hingga aroma terapi. Tidak mengherankan jika kemudian praktik pengobatan yang demikian ini masih diterapkan sampai sekarang karena manfaat yang diberikan sungguh luar biasa bagi orang yang menjalankan teknik pengobatan tersebut.

You may also like